Selasa, 26 Maret 2013

Jenis Makanan Penambah darah


Sebut saja anemia adalah bahasa medis untuk penyakit kurang darah, penyakit ini umumnya di derita oleh masyarakat indonesia dan khususnya pada ibu hamil. Anemia tidak hanya bisa di tanggulangi oleh obat - obatan yang bahkan mempunyai efek samping yang bisa menimbulkan penyakit baru. Namu lebih idealnya jika kita beralih dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi (mengandung banyak zat besi), karena zat besi direkomendasi untuk penderita anemia/kurang darah. Nah.....!! berikut saya akan memberitahu anda apa saja makan yang sehat dan bergizi untuk orang kekurangan darah/anemia :

Daging selain kaya akan zat besi, daging juga bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah untuk itu kita perlu mengkomsumsi daging yang rendah kadar lemaknya. Disini perlu diperhatikan bahwa komsumsi daging secara berlebihan dapat menimbulkan serangan jantung bertambah.

Sayuran yang baik di komsumsi dan dapat menambah zat besi antara lain Ubi, bayam, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli, dan sawi.

Merupakan anggur yang sudah dikeringkan dan bisa di makan langsung atau bisa dijadikan bahan untuk makanan, kismis rasanya manis karena banyak mengandung gula. Kismis mengadung hingga 20 jenis zat antioksidan termasuk kuersetin yang terbukti ampuh membantuk pencegahan penyakit termasuk untuk penambah darah. Kismis mengandung zat besi yang cukup untuk membantu perawatan penyakit anemia, selain itu kismis juga mengandung Vit. B kompleks yang berguna untuk pembentukan darah.

Selain manis dan segar buah apel memiliki banyak terkandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita, bagi penderita anemia apel juga membantu menambah darah karena memiliki zat besi yang tinggi sehingga bisa menghasilkan hemoglobin. A pel juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah.

Makan melon ketika waktu panas akan terasa nikmat karena melon mengandung Vitamin dan provitamin A dan juga bermanfaat untuk mencegah darah menggumpal, walau kadar zat besinya sedikit tetapi bisa membantu menambah darah, selain itu berguna untuk membersihkan kulit.

selain sumber Vitamin C bisa juga melancarkan sirkulai darah dan memiliki kandungan zat besi sehingga dapat membantu menambah darah.

Anggur selain antibakterial juga bisa membantu menambah darah dari zat besi yang terkandung di dalamnya.

Komsumsi kacang almon 1 ons setiap hari akan memberikan 6% zat besi pada tubuh, Oleh karena itu para ahli gizi merekomendasikan kacang almon untuk di komsumsi bagi penderita Anemia.







2 komentar:

.